ADS

Membuat Custom Post Type dan Custom Fields Dengan Plugin WCK - Custom Fields and Post Types Creator

Wordpress sebagai CMS pilihan banyak orang saat ini memberikan keleluasaan kepada Webmaster untuk membuat berbagai jenis website yang dengan berbagai fitur. Salah satu fitur yang sangat sangat bermanfaat adalah Custom Post Type dan Custom Field.

Custom Post Type

Custom Post Type adalah fitur dimana anda bisa membuat jenis POSTS yang berbeda dari fitur POSTS yang sudah ada. Seperti yang kita tau fitur POSTS secara default kita gunakan untuk membuat konten langsung.

Namun masalahnya muncul ketika anda mau membuat jenis konten tertentu dan tidak ingin tercampur dengan konten yang anda buat pada menu POSTS. Dan Custom Post ini adalah Solusinya.

Anda bisa membuat Custom Post Type yang berbeda dengan menu POSTS, walaupun secara hirarki fungsinya sama saja yaitu membuat sebuah konten, namun dengan Custom Post anda bisa membuat jenis konten apapun. Misalnya ditambahkan fitur, menambahkan field-field tertentu, dan sebagainya. Sehingga konten yang anda buat berbeda jika menggunakan fitur POSTS.

Custom Field

Secara default anda bisa membuat field (sebuah form untuk input data tertentu). Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan klik tombol "Screen Option" dibagian atas saat anda membuat konten, kemudian centang "Custom Field". Kemudian browse kebawah, anda bisa melihat kotak Custom Field disana. Anda bisa buat Custom field disana.

Dengan custom field anda bisa memasukkan data tambahan tanpa harus mengedit dulu pada konten anda. Misal Data serial number sebuah produk. Kemudian untuk menampilkan data tersebut Theme Wordpress anda harus support untuk menampilkan data dari Custom Field. Tidak semua theme support.

Cara Mudah Membuat Custom Field dan Custom Post Type

Baik Custom Post Type dan Custom Field, anda bisa buat semua secara manual. Untuk Custom Post anda bisa membuatnya dengan kode PHP, banyak tutorial yang tersedia di internet saat ini. Untuk Custom Field anda bisa buat dengan manual seperti yang saya jelaskan diatas.

Namun jika anda tidak mau repot karena tidak mau coding, maka solusinya adalah menggunakan plugin.

WCK - Custom Fields and Custom Post Types Creator

Plugin ini menurut saya adalah yang terbaik yang bisa saya temukan dan juga mudah digunakan. Plugin ini mampu membuat Custom Field dan Custom Post yang sesuai dengan kebutuhan website anda.

Fitur-Fitur

  • Membuat Custom Post Type
  • Membuat Taxonomy untuk Custom Post Type (Yaitu dibuat seperti Kategori atau Tag)
  • Custom Field Creator
  • Front End Posting (Fitur yang memungkinkan member anda posting konten tanpa masuk dashboard - PREMIUM Fitur)
  • Swift Templates (Fitur untuk membuat template dari Custom Field dan Custom Post Type - PREMIUM Fitur)

Dalam post ini kita hanya akan membahas Tentang Custom Field, Custom Post Type, Dan Custom Taxonomy.

Silakan download pluginnya atau anda bisa cari di Plugin directory, kemudian install dan aktifkan. Kita mulai tutorialnya

A. Membuat Custom Post Type

1). Pergi ke menu Post Type Creator, disana anda akan menemukan beberapa form yang bisa anda isi

2). Silakan isikan data-data pada form yang tersedia

  • Post Type: Nama Custom Post Type Yang mau anda buat. Akan digunakan sebagai bagian dari URL atau link menuju Custom Post Type yang anda buat. Dibuat dengan huruf kecil semua
  • Description: Masukkan Deskripsi yang menjelaskan secara singkat mengenai port type anda
  • Singular Label: Nama Label tunggal, Misalnya "Karyawan"
  • Plural Label: Nama Label Jamak, Misalnya "Para Karyawan"
  • Hierarhical: Opsi untuk membuat Custom Post bisa dijadikan Parent atau memilih Parent
  • Has Archive: Opsi apakah post type anda memiliki halaman Archive
  • Supports
    • title: Opsi apakah post type anda bisa dimasukkan judul atau Title
    • editor: Opsi apakah post type anda memiliki HTML Editor
    • author: Opsi apakah post type anda bisa menggunakan nama penulis pada field Author
    • thumbnail: Opsi untuk memunculkan fitur Featured Image pada Custo Post Type
    • excerpt: Opsi apakah post type anda bisa membuat excerpt atau ringkasan konten (Summary)
    • trackbacks: Opsi apakah post type anda bisa menggunakan trackback, fitur yang mendata siapa saja yang memberi tautan balik ke konten anda
    • custom-fields: Opsi apakah post type anda bisa menggunakan custom field
    • comments: Opsi apakah post type anda mengijinkan orang untuk berkomentar
    • revisions: Opsi apakah post type anda memiliki sistem revisi, yang mana hasil konten editan sebelumnya bisa anda akses
    • page-attributes:
    • post-formats:

3). Setelah anda isi, silakan klik tombol "Add Entry". Secara otomatis post types anda akan dibuat dan muncul pada bagian bawah form.

4). Juga akan muncul pada menu dibagian kanan, dan bisa anda gunakan untuk membuat konten

5). Anda bisa mengedit kembali custom post type yang anda buat dengan tombol "Edit" dan mengubah opsi atau parameter-parameternya.

B. Taxonomy Creator

Fungsinya Taxonomy Creator adalah memberikan Custom Post Type yang sudah anda buat memiliki sistem Kategori dan Tags seperti yang ada pada menu POSTS. Yang mana bisa kita beri nama sesuai keinginan. 

Contohnya pada Menu POSTS, Taxonomy yang tersedia adalah "Categories" dan "Tags". Sedangkan pada Taxonomy Creator anda bisa buat nama sendiri. Misal pada contoh Custom Post Type yang saya buat mengenai "Peralatan", maka saya bisa membuat Taxonomy dengan nama "Jenis Peralatan" Misalnya. 

Saya harap anda paham dengan apa yang sudah saya jelaskan. Jika belum pahami saja perlahan-lahan. Jangan terburu-buru. Hehehe

1). Untuk membuat Taxonomy untuk Custom Post Type anda, Klik menu "Taxomony Creator

2). Kemudian isi data-data pada form yang tersedia

Keterangan:

  • Taxonomy: Nama Taxonomy untuk Custom Post Type anda. Seperti Contoh saya mau membuat "Divisi Karyawan", maka saya buat menjadi "Divisi". Dipakai untuk URL / Link ke halaman Taxonomy.
  • Singular Label: Nama Label tunggal, Misalnya "Divisi"
  • Plural Label: Nama Label Jamak, Misalnya "Divisi Karyawan"
  • Attact To: Opsi ini digunakan untuk menyematkan atau menempatkan Taxonomy kita pada Post Type yang sudah kita buat. Untuk contoh ini saya menempatkan Taxonomy ini dengan Post Type "Karyawan" yang sudah kita buat tadi
  • Hierarchical: Opsi ini untuk menentukan apakah Taxonomy yang kita buat menyerupai "Categories" atau "Tags". Jika TRUE, maka taxonomy bertindak sebagai Categories. Jika False, Taxonomies bertindak sebagai Tags

3). Setelah anda masukkan, klik tombol "Add Entry". Custom Taxonomy sudah berhasil dibuat, dan akan muncul di bagian paling bawah Form

4). Taxonomy juga akan muncul pada Menu.

C. Custom Field Creator

Fitur ini memungkinkan anda untuk membuat Custom Field Meta Box. 

Custom Field Meta Box, sedikit berbeda dengan Custom Field secara default yang tersedia di Wordpress. Pada Metabox, anda tidak perlu lagi memilih nama custom field karena field-nya sudah berbentuk form yang tinggal kita isi datanya. Berbeda dengan Custom Field. Untuk lebih jelasnya, anda baca artikel saya mengenai "Custom Field dan Meta Box pada Wordpress".

Untuk membuat Custom Field Meta Box pada Plugin ini, kita akan membuat form "Biodata Karyawan" yang berisi "Nama", "Tanggal Lahir" dan "Jenis Kelamin"

1). Silakan menuju menu Custom Fields Creator, kemudian klik "Add New"

2). Silakan masukkan data-data pada form yang tersedia. Lebih jelas perhatikan gambar dan keterangannya setelah gambar

3). Jika sudah selesai, klik tombol "Add Entry", Otomatis semua field yang anda buat terdaftar dibawahnya

4). Untuk melihat apakah Custom field anda bekerja, silakan pergi ke menu "Para Karyawan" (Atau menuju ke Custom Post Type yang anda buat tadi yang menghubungkan ke Custom Field yang baru anda buat ini). Kemudian Klik "Add New"

5). Perhatikan dibawah Editor biasanya sudah ada Box yang berisi Form Biodata yang kita buat tadi.

Penutup

Demikianlah Penjelasan dan Panduan Singkat bagaimana anda bisa membuat Custom Field dan Custom Post Type pada Wordpress. Fitur ini sangat bermanfaat jika anda ingin membuat jenis konten yang berbeda, atau anda ingin membagi jenis konten secara terpisah dari menu POSTS.