ADS

WP-OPTIMIZE, Cara Mudah Mengoptimasi Database Wordpress Anda

Setiap software baik itu software desktop maupun software website CMS atau yang punya sistem database pasti meninggalkan suatu "jejak" atau "Sisa-Sisa" (Maaf istilah saya :)), baik berupa file TEMP, LOG, dan data lain

Data-data ini akan secara langsung akan memenuhi isi hardisk anda (Untuk software desktop), begitu pula dengan software website akan memenuhi ruang penyimpanan pada database. Akibatnya size hosting anda lebih banyak terisi bahkan bisa sampai penuh.

Pada Wordpress data-data seperti ini berupa Meta data, Auto Draft, Revision, dan lain sebagainya yang akan memenuhi database Wordpress anda. Akibatnya bisa mempengaruhi Performa situs Wordpress anda menjadi lebih lambat.

Untuk mengatasinya kita bisa mengoptimasi database dengan menghapus data-data yang tidak terlalu diperlukan pada Database Wordpress. Caranya bisa kita lakukan dengan manual. Yaitu masuk ke menu PhpMyAdmin, kemudian menghapus data-data tersebut. Hal ini disarankan untuk dilakukan jika anda sudah ahli (Expert).

Jika anda tidak tau caranya data mana saja yang ingin dihapus maka solusinya adalah menggunakan bantuan Plugin. Plugin WP-OPTIMIZE ini adalah salah satunya.

WP OPTIMIZE Wordpress Plugin

WP-Optimize merupakan plugin dengan kategori Utilities yang memungkinkan anda untuk mengoptimasi Database Wordpress dengan satu klik. 

Data-data yang sebenarnya tidak penting seperti Revisions, Draft Post, Post in Trash, Spam Comments, dan lainnya bisa dihapus sekaligus dengan satu klik. Anda bisa memilih data apa saja yang ingin anda hapus.

Kemudian plugin ini juga mampu mengoptimasi database secara otomatis setelah kita menghapus data-data tersebut.

Pada halaman "TABLES" kita bisa melihat tabel database wordpress anda dan juga berapa banyak Size Data yang diambil untuk menyimpan data-data situs wordpress tersebut.

Kemudian pada halaman "SETTINGS", anda bisa mengatur opsi-opsi seperti mengatur berapa lama data tersimpan terlebih dahulu sebelum secara otomatis dihapus, Kemudian fitur untuk mendisable Trackback dan Comments. 

Kemudian yang bagus dari Plugin ini adalah Fitur AutoClean yang bisa digunakan untuk membersihkan database berdasarkan Hari, Bulan, atau Minggu.

Silakan Dicoba dan Download Pluginnya Disini