ADS

Dasar Wordpress - Menu COMMENTS

Di setiap platform Website, baik itu CMS yang kompleks, atau bahkan yang simpel komentar merupakan fitur yang pasti selalu ada. Karena fitur ini yang menjadikan sebuah website itu menjadi hidup. Karena disanalah pembaca bisa berinteraksi dengan pemilik website perihal konten yang webmaster tulis.

Wordpress juga sebagai Platform yang populer menyediakan fitur ini. Disini pembaca bisa langsung memberikan komentar mereka mengenai artikel yang baru saja mereka baca. Pembaca bisa memberikan kritik, cacian, hingga komentar baik yang bisa membangun diskusi yang positif.

Cara Kerja Komentar Pada Wordpress

Disini saya anggap anda sudah membuat konten. Kemudian secara default Wordpress akan selalu mengaktifkan fitur komentar. Anda bisa menonaktifkannya jika anda tidak mau menggunakannya. Caranya nanti dibagian bawah akan saya jelaskan.

Kemudian anda buka konten yang anda buat tadi, kemudian lihat pada bagian bawah akan ada form untuk memasukkan komentar. Untuk contoh ini saya menggunakan konten Hello World.

Disana biasanya akan terdapat form:

  • Name: Tempat untuk memasukkan nama anda
  • Email: Tempatuntuk memasukkan email anda yang aktif
  • Website: Jika anda punya Website, masukkan urlnya disini
  • Comment: Isi dari komentar anda atau pesan-pesan anda terhadap konten

Silakan anda isi, kemudian tekan tombol Post Comment. Jika sudah komentar akan muncul pada menu Comments pada dashboard Wordpress anda.

Menu Comments

Oke kita kembali ke dashboard dan menuju ke Halaman Comments.

Disini akan muncul semua komentar-komentar yang masuk berupa daftar atau list yang bisa di filter untuk memudahkan pencarian suatu hari nanti. Silakan anda perhatikan gambar dibawah ini.

Keterangan:

(1). Merupakan link untuk memfilter komentar yang ingin anda tampilkan sesuai status komentarnya. Misalnya Jika komentar itu statusnya "Pending", maka anda bisa hanya menampilkan komentar yang pending saja. Begitu pula dengan komentar-komentar yang statusnya "Approved", "Spam", dan "Trash"

(2). Pada point nomor dua saya sebut itu dengan Action List. Fungsinya adalah memilih aksi untuk komentar yang anda pilih atau yang anda centang. Misalnya anda mau menghapus beberapa komentar sekaligus, maka anda pilih Action tabnya, dan pilih "Move To Trash". Atau aksi untuk mengubah status komentar anda ke bentuk lain.

(3). Ada dua jenis komentar pada Wordpress. yaitu komentar berupa text atau yang sering dimasukkan oleh pembaca, kemudian komentar berupa Ping. Ping ini biasanya berupa link yang disematkan oleh orang lain ke situs mereka. Jadi pemilik situs lain memasukkan link artikel kita sebagai referensi konten mereka. Dan hasilnya Wordpress akan memasukkannya sebagai komentar Ping. Anda bisa filter jenis komentarnya melalui tombol ini.

(4). Simpelnya itu adalah form search untuk mencari kata-kata tertentu yang ada pada komentar.

(5). Tabel yang akan menampilkan semua komentar yang masuk. Bagian-bagiannya antara lain:

(5a). Kolom Author, yang isinya adalah nama dan email si pembuat komentar

(5b). Merupakan link-link aksi yang muncul saat anda menempatkan cursor anda ke salah satu komentar. Link-link ini adalah:

  • Unapprove: Link untuk membuat komentar tidak disetujui. Misalnya komentar tersebut tidak masuk kriteria, atau mengandung kata-kata yang tidak pantas misalnya
  • Reply: Link untuk membalas langsung komentar yang masuk. Cukup klik link tersebut, maka akan muncul form dibawahnya yang bisa anda masukkan komentar balasan. 

  • Quick Edit: Link untuk mengedit secara cepat komentar masuk yang anda pilih. Klik saja link tersebut, maka anda bisa dengan muda mengedit komentarnya.

  • Edit: Link yang akan menuju kehalaman Edit komentar yang berisi fitur yang lengkap. 

Disana anda akan melihat form Author, dimana anda bisa edit nama, email dan website komentator. Kemudian dibawahnya adalah Form untuk mengedit isi komentarnya. Dan disamping kanan adalah box yang berisi fitur untuk mengubah status komentar yang di edit.

  • Spam: Mengubah status komentar yang dipilih langsung menjadi SPAM
  • Trash: Langsung membuang komentar yang dipilih ke Tempat sampah. Yang mana masih bisa anda lihat dan bisa dikembalikan jika ingin anda balikkan.

(5c). In Response To, Kolom dimana komentar itu berada pada konten.

(5d). Submitted On, Kolom yang menunjukkan waktu dimana komentar itu dibuat

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Wordpress Comment

Anda bisa dengan mudah menonaktifkan fitur komentar pada website anda. Ada dua pendekatan yang bisa anda lakukan

A. Menonaktifkan Komentar Wordpress Melalui POSTS

1. Silakan buat konten pada menu POSTS

2. Kemudian pada bagian atas ada tombol "Screen Options" dan Klik

3. Kemudian Centang "Discussion"

4. Kemudian Browse paling bawah, akan ada box Discussions. Anda cukup hilangkan saja centangnya (Un-Check), maka konten yang anda buat tidak akan ada fitur Wordpress.

Note: Cara ini hanya bekerja pada konten yang anda buat. Untuk konten-konten yang sebelumnya tidak akan hilang fitur komentarnya sebelum anda un-check secara manual pada konten yang anda buat sebelumnya.

B. Menonaktifkan Komentar Wordpress pada menu SETTINGS > DISCUSSION

1.  Silakan pergi ke menu SETTINGS > DISCUSSION

2. Kemudian cari "Allow people to post comments on new articles", dan hilangkan centangnya

3. Jika sudah klik tombol "Save Changes" yang ada di paling bawah berwarna biru. 

4. Dan selesai semua konten yang akan anda buat tidak ada fitur komentarnya. Jika anda sebelumnya sudah ada konten sebelum menggunakan cara ke dua ini, maka fitur komentarnya masih ada pada konten lama anda. Sehingga untuk menonaktifkannya dengan cara ke satu diatas

Oke demikian penjelasan bagaimana Fitur komentar ini bekerja pada situs Wordpress anda. Semoga Membantu anda...