ADS

Dasar Wordpress - Menu PLUGINS

Pada Wordpress selain fitur yang dapat membuat kita negganti tempilan website (Theme Wordpress), juga adanya sebuah fitur dimana kita bisa menambah fungsionalotas atau mudahnya fitur-fitur tambahan pada Wordpress yaitu dengan fitur PLIGINS.

Plugins merupakan sebuah file atau sekumpulan file dalam bentuk .PHP dimana berisi command atau perintah-perintah dalam bahasa PHP yang akan membentuk suatu fungsi lain selain fungsi yang sudah ada pada Wordpress. Sehingga sangat mudah untuk anda membuat fitur tambahan untuk situs anda.

Wordpress sendiri memiliki banyak sekali Plugins. Anda bisa lihat di http://wordpress.org/plugins. Plugin-plugin disini dibuat dari berbagai macam pengembang atau Developer dengan fungsi-fungsi atau fitur-fiturnya masing masing. Anda akan dengan mudah menemukan plugin seperti Plugin yang menambah fitur baru pada Widgets item, kemudian Plugins untuk membuat toko online, dan plugin lainnya.

Anda juga bisa membuat plugin anda sendiri jika anda mengerti programman Bahasa PHP. Sudah cukup banyak tutorial mengenai pembuatan Wordpress Plugins. Bahkan Wordpress.org juga menyediakan tutorialnya yang bisa anda pelajari disini.

Dalam basahan kali ini kita akan membahas cara penggunaan Plugins di Wordpress. Ada tiga sub-menu pada menu PLUGINS ini, yaitu Installed Plugins, Add New, & Editor.

1. Installed Plugins

Pada halaman ini, anda akan melihat semua plugins yang sudah anda instal. Semua ditampilkan dengan daftar yang rapi dengan disusun berdasarkan huruf awal abjad. Silakan lihat bagian-bagiannya pada gambar dibawah.

Keterangan:

(1). Filter Link: Merupakan link tab untuk memfilter daftar atau list plugins anda. ALL untuk menampilkan semua plugins terinstall, ACTIVE untuk menampilkan plugin terinstall yang aktiv saja, dan INACTIVE untuk menampilkan plugin yang tidak aktif atau dinonaktifkan.

(2). Bulk Actions: Merupakan tombol pilihan aksi, dimana saat anda memilih lebih dari satu plugins pada list dengan cara dicentang, maka untuk mengeksekusinya misalnya menghapusnya, maka anda bisa lakukan dengan pilihan yang tersedia pada tombol pilihan aksi tersebut. Cukup klik saja maka pilihan akan muncul.

(3). Merupakan kolom yang berisi link tombol untuk perintah tertentu terhadap plugin, dan juga nama plugin yang sudah diinstall. untuk link tombol ada beberapa macam:

a. Jika Plugin Belum Aktif, link tombol yang ada

  • Activate: link tombol untuk megaktifkan plugin
  • Edit: untuk mengedit file plugin melalui Editor
  • Delete: menghapus plugins

b. Jika plugin sudah Aktif, link yombol yang ada

  • Settings: Tombol yang muncul jika plugin tersebut ada halaman settingnya. Tidak semua tombol ini muncul karena tergantung dari fitur yang dibuat oleh Developer
  • Deactivate: tombol untuk menonaktifkan Plugins
  • Edit: tombol untuk mengedit file plugin melalui Editor.

(4). Merupakan kolom deskripsi yang berisi deskripsi singkat mengenai plugin yang anda install. Disini dijelaskan secara singkat tentang apa plugin tersebut dan juga biasanya terdapat beberapa link menuju ke website resmi dimana plugin itu dibuat.

(5). Merupakan form pencarian untuk plugin yang anda instal. Kalau anda punya banyak plugin yang anda instal, maka lewat search form ini lebih mudah dicari.

(6). Tombol untuk menambah plugin baru dsitus Wordpress anda. Tombol ini juga akan menuju ke sub-menu ADD NEW, yang akan kita bahas.

2. ADD NEW

Pada halaman Add New ini anda bisa menambah Plugin Wordpress untuk meningkatkan fitur yang ada pada Website Wordpress anda. Proses penambahannya adalah sama seperti pada penambahan Theme Wordpress.

I. Cara Menamabah Plugins Desngan Secara Online

Pertama, silakan klik submenu Add New pada Menu PLUGINS. Kemudian akan muncul list plugin berupa plugin yang populer dan kategori lain yang bisa anda filter dengan tab link filter

Keterangan 

a. Featured: tab yang memfilter plugin berdasarkan pilihan Wordpress yang ada pada Wordpress Plugins Directory.
b. Popular: tab yang memfilter plugin berdasarkan plugin yang populer di Download pada Wordpress Plugins Directory.
c. Recommended: tab yang memfilter plugin berdasarkan data Plugin yang banyak user instal dan yang anda gunakan juga.
d. Favorit: tab yang memfilter plugin berdasarkan favorit anda di Wordpress Plugins Directory. Anda sebelumnya harus punya akun Wordpress dulu untuk bisa menampilkan Plugin yang anda jadikan Favorit di akun Wordpress.org anda.

Kedua, anda juga bisa mencari plugin dengan spesifikasi tertentu dengan kata Keyword,  Author, atau Tag tertentu di kotak pencarian.

Ketiga, Jika anda sudah menentukan Plugin pilihan anda, maka anda cukup klik tombol Install Now pada plugin pilihan anda. Lalu tunggu hingga proses selesai. Dan jika proses instalasi selesai. Tinggal aktifkan saja plugin tersebut dengan klik tombol "Activate".

II. Cara Menambah Plugin Dengan Upload Manual

Cara kedua adalah dengan menguload sendiri File plugin berupa file .zip yang anda unduh di Plugin Direktori Wordpress

Pertama, klik sub-menu Add New pada Menu PLUGINS. kemudian klik tombol Upload Plugins

Kedua, akan muncul tombol upload di bawahnya. Silakan klik tombol Choose file dan akan terbuka Window menuju file explorer, silakan anda pilih plugin berupa file .zip yang anda download tadi. Kemudian klik tombol Install. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Jika sudah, langsung klik tombol Activate.

3. EDITOR

Pada editor saya tidak akan menjelaskan panjang lebar mengenai fungsi ini. Fungsinya sama seperti pada Editor pada sub-menu Themes di APPEARANCE. Fungsi editor sama yaitu untuk memodifikasi file PHP yang ada pada Wordpress. Pada PLUGINS editor yang bisa dimodofikasi disini adalah Plugin Wordpress yang sudah anda instal.

Test