ADS

Dasar Wordpress - Menu APPEARANCE Part 1

Pada Wordpress Self-Hosted dimana anda menginstall sendiri Wordpress di Hosting anda, ada fitur yang sangat saya suka. Yaitu fitur dimana kita bisa mengganti tampilan Website dengan Template atau Theme sesuai dengan yang kita inginkan. Jika kita bosan dengan Desain Website anda, maka anda bisa ubah Desainnya dengan mengupload atau Mendownload langsung theme dan menginstallnya. Fitur ini ada pada Menu Appearance.

Umumnya ada 5 sub-menu utama yang ada pada menu Appearance ini:

  1. Themes
  2. Customize
  3. Widgets
  4. Menus
  5. Editor

Jika anda menemukan lebih dari 5 biasanya itu merupakan Fitur tambahan yang tersedia pada Theme Wordpress yang anda gunakan. 

Pada artikel Part satu ini kita akan membahas Sub-menu Themes dan Customize.

A. THEMES

Di halaman ini anda akan melihat daftar theme Wordpress apa saja yang sudah anda install. Semua akan terdaftar secara rapi disini. 

Untuk mengetahui Theme Wordpress apa yang aktif atau yang sedang anda gunakan saat ini, anda bisa melihat Kotak pada bagian kiri yang akan bertuliskan "Active: Nama Theme anda". pada gambar dibawah saya menggunakan Theme Twenty Seventeen. Dan itulah theme yang aktif atau yang saya gunakaan untuk contoh ini.

Kemudian untuk mengaktifkan theme Wordpress lain anda bisa arahkan saja cursor mouse anda ke kotak lain, akan muncul Tombol "Activate" disana. 

Disebelah Tombol Activate, ada tombol Live Preview yaitu tombol untuk melihat dulu theme anda sebelum diaktifkan.

Kemudian pada kotak yang sama, ada tombol "Theme Details" (lihat gambar diatas). Fungsinya untuk melihat detail dari theme Wordpress tersebut. Berupa nama theme, nama pembuat, website si pembuat theme, dan lainnya. 

Setelah anda klik tombol "Theme Details", akan muncul box yang memuat semua detail tersebut yang sudah saya jelaskan diatas. Di dalam sini anda juga akan melihat tombol "Activate" dan "Live Preview".

Kemudian anda dengan mudah bisa menambahkan Theme Wordpress dengan dua cara. Pertama dengan mengupload file theme Wordpress berupa .zip, kedua dengan mencari langsung pada Theme Wordpress Directory yang tersedia pada Wordpress.org. Untuk memulainya anda bisa Klik Tombol "Add New" yang ada pada bagian atas, yang berwarna biru.

Cara 1 - Upload File

Setelah anda mengklik tombol "Add New" anda akan melihat tombol "Upload Theme". 

Cukup klik saja tombol tersebut, kemudian akan muncul kotak berisi tombol "Choose File" tinggal klik saja, maka akan erbuka Window yang menuju folder-folder. Pilih file theme Wordpress anda yang berupa file .zip. Jika sudah dipilih tekan tombol "Install Now". Otomatis Wordpress akan mengupload file anda dan akan ada perintah untuk mengaktifkannya.

Note: Untuk mengupload sendiri file Theme Wordpress anda, pastikan file tersebut dalam Format .Zip. Karena Wordpress tidak menerima jenis file apapun saat mengupload Theme dan Juga Mengupload Plugins.

Cara 2 - Install Theme Dari Wordpress Directory

Untuk cara kedua kita bisa menginstall Wordpress theme langsung dari Wordpress Directory tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu, seperti cara satu diatas. 

jika anda perhatikan dibawah tombol Upload Theme, terdapat tab tab yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

1. Tab Featured: Pada tab ini akan muncul theme-theme yang direkomendasikan langsung oleh Wordpress sendiri.

2. Tab Popular: Pada tab ini akan muncul theme-theme yang populer atau yang banyak digunakan oleh user

3. Tab Latest: Tab ini akan memunculkan theme-theme Wordpress yang baru rilis.

4. Tab Favorites: Merupakan kumpulan theme yang anda jadikan Favorit di Wordpress.org. Fitur ini mengharuskan anda untuk punya akun di Wordpress.org. Di lain post akan kita bahas yang ini.

5. Tab Feature Filter: tab ini secara khusus memfilter theme-theme Wordpress yang tersedia pada Wordpress. Misal anda mau mencari theme dengan satu kolom saja, anda bisa lakukan filter pada tab ini. Ada banyak filter yang bisa anda pilih disini.

6 . Search Form: Jika anda mencari theme Wordpress sesuai dengan kata kunci maka tulis kata kuncinya disini.

Jika anda sudah menetapkan pilihan untuk Template Wordpress mana yang mau anda gunakan cukup arahkan saja mouse kesalah satu theme yang tersedia, akan muncul tombol "Install". Atau jika ingin melihat dulu themenya seperti apa, anda bisa klik tombol "Preview"

Halaman theme preview setelah anda klik tombol "Preview" atau "Details & Preview"

Dan klik tombol install, untuk mendownload dan menginstall Themenya. 

Jika proses sudah selesai, anda bisa aktifkan langsung themenya dengan klik tombol Activate.

Selamat anda sudah mengaktifkan Theme Wordpress terbaru anda.

B. CUSTOMIZE

Customize dibuat agar user bisa dengan mudah memodifikasi theme secara visual. 

Yang perlu anda perhatikan, Fitur ini hanya ada pada theme-theme Wordpress tertentu yang menyediakan fitur ini. Biasanya pada theme-theme lama tidak menyediakannya, namun template modern saat ini kebanyakan selalu ada fitur Customize.

Kemudian setiap template Wordpress yang anda gunakan jika ada fitur Customize juga fitur-fitur yang bisa anda modif atau Opsi-opsi yang tersedia juga berbeda-beda. Hal ini tergantung dari si pembuat theme ingin membuat opsi yang seperti apa.

Oke sekarang kita akan menuju kehalaman Customize. Silakan klik sub-menu Customize.

Note: Harap di ingat Setiap template Wordpress berbeda desainnya dan opsi yang tersedia didalamnya. Sehingga tidak bisa dijadikan patokan. Untuk contoh ini saya menggunakan Theme Twenty Seventeen. Gambar sesuai apa adanya.

Oke kita lanjut.

Saat anda masuk ke halaman Customizer, anda akan melihat dua kolom disana. Kolom di sebelah kanan adalah kolom yang berisi opsi-opsi yang bisa anda ubah atau modifikasi. 

Sedangkan kolom yang ada dibagian kiri adalah kolom Live Preview, dimana anda bisa langsung melihat perubahan pada Theme anda setelah anda ubah. 

Silakan lihat gambar dibawah

Keterangan:

  • (1). Bagian yang berisi Opsi-Opsi dimana anda bisa edit pada theme anda
  • (2). Tombol biru dengan gambar pensil ini merupakan fitur yang memungkinkan anda mengedit langsung bagian tersebut. Lebih tepatnya tombol link untuk menuju ke halaman opsi yang diedit. Anda cukup klik saja, maka dibagian kanan akan langsung menuju opsi tersebut.
  • (3). Tombol change untuk mengganti theme di halaman Customizer
  • (4). Tombol resposive, dimana berguna untuk mengetahui apakah website anda responsive atau menyesuaikan dengan ukuran layar gadget yang digunakan.

Oke, kemudian coba anda pilih salah satu opsi yang tersedia. Pada contoh ini saya memilih opsi "Site Identity"

Setelah anda klik, anda akan dibawa ke halaman yang berisi form dimana bisa anda ubah isinya. 

Kemudian ubah saja isinya, maka secara otomatis, kolom live preview yang ada dibagian kanan akan otomatis terubah. Sehingga anda bisa langsung lihat perubahannya. Lihat gambar dibawah

Keterangan:

  • (1). Tombol panah kekiri, yaitu tombol untuk ke menu sebelumnya
  • (2). Anda ubah isi dari form tersebut, maka Live Preview yang ada di kolom kanan, otomatis akan terubah.

Oke. Demikian Dasar Wordpress Appearance Part 1 ini. Untuk Part 2, kita akan membahas sub-menu yang tersisa. Yaitu Widgets, Menus, dan Editor.