ADS

Dasar Wordpress - Menu APPEARANCE Part 2

Sebelumnya kita membahas tentang Themes dan Customizer pada menu Appearance. Jika anda belum membacanya, anda bisa baca kembali disini.

Pada tutorial Wordpress dasar kali ini kita akan melanjutkan pembahasan Menu Appearance ini yaitu Widgets, Menus dan Editor

A. WIDGETS

Widget merupakan sebuat fitur yang memungkinkan kita menambahkan konten ataupun juga fitur-fitur yang fungsional ke sidebar Wordpress anda. Sidebar sendiri merupakan sebuah daerah pada website biasanya bagian kanan atau kiri setelah konten utama. Di bagian ini anda bisa memasukkan konten berupa apapun atau juga fitur tertentu yang dimiliki oleh sebuah plugin.

Contohnya Widget default yang terdapat pada Wordpress andalah Widget "Categories" yang menampilkan daftar kategori konten, hingga Widget yang menampilkan post terakhir yang anda buat "Recent Posts".

Dengan Widget-Widget tersebut anda bisa menambahkan suatu konten yang masih berhubungan dengan isi dari website anda. Selain itu juga Widget-Widget tambahan yang anda dapatkan dari suatu plugin bisa juga anda tambahkan.

Oya, tambahan lagi bahwa Sidebar merupakan bagian suatu website biasanya di samping kanan atau kiri yang layoutnya berbeda dengan layout utama yang berisi kontun utama. Namun sekarang sidebar juga bisa di temukan di bagian atas, sebelum konten, atau dibagian bawah setelah konten.

Contoh diatas merupakan contoh sidebar dari situs wpexplorer.com

1. Cara Menambahkan Widget Ke Sidebar

- Silakan Arahkan mouse anda ke menu Appearance, kemudian klik sub-menu Widgets

- Jika sudah anda akan dibawa ke halaman yang memiliki 2 bagian. Yaitu bagian kiri yang berisi Widget Widget yang bisa anda pilih untuk di sidebar anda. Dan bagian kanan yang berisi Area Area sidebar yang bisa anda masukkan Widget disana

- Cara Pertama Penambahan Widgets: Yaitu anda klik dan tahan saja salah satu item Widgets yang ada di bagian kiri, tahan kemudian geserkan ke Area Sidebar yang mana ingin anda tambahkan Widget di Sidebar tersebut. Pada contoh ini, saya menambahkan Widgets "Archives" dengan menggesernya ke area Sidebar.

- Cara Kedua Penambahan Widgets: Yaitu dengan mengklik (tanpa ditahan) di salah satu item Widgets, setelah anda klik akan muncul kotak dibawah item tersebut yang menunjukkan pilihan Sidebar. Anda kemudian klik saja Sidebar Area yang tersedia pada kotak yang muncul tersebut, lalu klik tombol "Add Widget". Dalam contoh ini saya menggunakan Widgets "Archive" untuk ditambahkan. Lihat Gambar

Keterangan gambar:

  1. Klik Widgets Item yang mau ditambah pada sidebar Area.
  2. Setelah di klik akan muncul kotak dibawahnya yang menunjukkan Sidebar Area. Klik saja salah satunya atau di area sidebar yang mau anda gunakan.
  3. Jika sudah Klik "Add Widget"

- Setelah anda melakukan salah satu cara diatas untuk menambahkan Widget Item, maka Widget yang anda pilih secara otomatis akan muncul di sidebar area yang ada di bagian kanan.

2. Sortir Widget Items

Saya anggap saat ini anda sudah menambahkan Widgets pada sidebar anda lebih dari satu. Mungkin tiga atau empat. 

Kemudian anda bisa mensortir urutan-urutan Widgets tersebut sesuai kebutuhan anda. Misalnya Widgets Archive, ada di bawah Widgets Categories, dan sebagainya. 

Caranya cukup mudah, yaitu anda hanya perlu mengklik widget items yang sudah anda pilih tadi, yang berada pada Sidebar Area. Klik dan Tahan Widget Item tersebut kemudian Geser saja keatas atau kebawah sesuai kebutuhan. Untuk meletakkannya tunggu hingga garis putus-putus muncul, lalu lepas saja klik mouse yang anda tahan.

3. Memodifikasi Konten Widgets Item.

Setiap item Widgets memiliki konten didalamnya berupa opsi opsi yang bisa anda masukkan nilainya pada form atau opsi-opsi tertentu. Misalnya pada item Widgets Recent Post, anda bisa memasukkan berapa jumlah daftar post yang ingin anda tampilkan, dan juga mengganti judul Widgetnya.

Di tiap item Widgets berbeda-beda opsinya. Anda bisa coba masing-masing isinya dengan melihatnya. Caranya, anda tambahkan dulu Widgetnya ke Sidebar Area. Kemudian pada item yang sudah anda tambahkankan tadi di klik saja, maka akan muncul opsi tepat dibawahnya. pada contoh ini saya mengklik Item Widgets "Search" dan "Categories" untuk melihat opsi opsinya

Oke, demikin bahasan untuk Widgets. Selanjutnya kita akan masuk ke Sub-menu MENUS.

B. MENUS

Jika anda berkunjung ke halaman website, biasanya disana pada bagian atas khususnya terdapat link menuju kehalaman lain. Link-link ini berfungsi sebagai navigasi menuju halaman-halaman yang dirasa penting untuk pmbaca ketahui. Ciri khasnya adalah berupa susunan tombol-tombol  yang memanjang atau melebar. Lihat Gambar

Nah, fungsi Menus pada Wordpress adalah untuk membuat Menu ini dengan mudah tanpa harus susah-susah coding. Oke mari langsung kita buat Menu nya.

1. Silakan klik Sub-menu "MENUS"

2. Jika sudah anda akan melihat dua bagian layout disini. Bagian Kanan, adalah area dimana anda meletakkan menu item anda. Bagian Kiri, adalah item item menu yang bisa anda Masukkan di menu Area yang ada dibagian kanan. Kurang lebih konsepnya seperti Widgets tadi.

3. Jika anda belum membuat menu satupun, anda bisa langsung masukkan nama menu anda untuk mulai membuatnya. Masukkan nama menu anda pada form Menu Name yang ada dibagian kanan. Kemudian klik tombol "Create Menu". Lihat Gambar

Keterangan:

  • Jika sebelumnya anda sudah pernah membuat Menu, maka klik link tersebut untuk membuat Menu baru
  • Jika belum satupun Menu anda buat, anda bisa langsung masukkan Nama Menu di kotak "Menu Name" untuk membuat menu pertama anda.

4. Jika sudah, akan muncul opsi-opsi berupa opsi check (centang) yang ada dibagian kiri yang merupakan item item link yang bisa anda pilih. Kemudian "Menu Structures" dimana anda meletakkan item link anda di bagian ini. Dan "Menu Settings" yaitu opsi yang menunjukkan dimana letak menu anda.

5. Untuk mulai menambahkan link menu, silahkan anda centang saja salah satu item link yang ada dibagian kiri. Pilih berpa banyak yang mau anda masukkan. Jika sudah klik "Add To Menu". 

6. Setelah itu Otomatis item link pilihan anda akan muncul dibagian kanan area "Menu Strucutres"

7. Kemudian, pada bagian kanan di Menu Structures sama seperti Widgets, item-itemnya bisa anda ubah opsinya atau detailnya. Klik saja pada item menu mana yang mau diubah detailnya, maka akan muncul opsi-opsi dibawahnya

8. Kemudian jika dirasa cukup, sekarang anda tentukan lokasi mana yang mau anda tampilkan Menu yang anda buat ini. Pada "Menu Settings" dibagian Display Locations, centang saja pada bagian mana anda mau menampilkan menunya. Lihat Gambar

Catatan: Opsi lokasi menu yang ditampilkan bisa berbeda-beda jumlahnya. Ada yang hanya satu saja hingga empat pilihan. Ini kembali lagi kepada Theme Wordpress apa yang anda gunakan.

9. Dan Setelah selesai semua tidak ada lagi yang di setting, maka klik saja tombol "Save Menu" yang ada dibagian bawah.

10. Dan selesai. Menu anda sudah siap digunakan. Selanjutnya kita akan membahas mengeni fitur EDITOR

C. EDITOR

Fungsi EDITOR pada APPEARANCE adalah untuk mengedit "Dalaman" Theme Wordpress anda, dalam hal ini adalah kode Theme Wordpress anda. Jika anda tidak mengerti tentang Programman PHP, HTML dan CSS, disarankan anda menjauhi fitur ini. Karena salah sedikit Website anda ERROR atau bahkan Crash.

Fungsi Editor ini juga ada pada menu PLUGINS, yang akan saya bahas pada post selanjutnya. 

Pada halaman Editor, anda akan melihat 2 bagian layout yaitu, bagian kiri yang berisi kode-kode programman, baik itu PHP ataupun CSS. Bagian kanan, merupakan link menuju file-file pada Theme Wordpress yang ingin anda edit.

Anda cukup klik saja link file yang ada dibagian kanan untuk mulai memodifikasi file tersebut. Secara otomatis bagian kiri kodenya akan berganti. 

Anda juga bisa memiih Theme Wordpress mana yang mau di Edit. Caranya dengan memilih pilihan yang ada di bagian atas kanan "Select theme to edit:". Pilih saja nama theme Wordpress apa yang mau anda ubah

Kemudian pada bagian paling bawah editor sebelum tombol "Update", anda akan melihat opsi pilihan "Documentation" yang berisi nama-nama dungsi (Function Name), yang mana jika anda pilih nama fungsi tersebut kemudian menekan tombol "lookup", maka anda akan dibawa ke halaman Wordpress Developer yang berisi informasi  mengenai fungsi tersebut. 

Namun, jika nama fungsi tersebut tidak ada atau tidak tersedia di website Wordpress Developer, maka akan muncul pesan tidak ditemukan di halaman tersebut.

Jika anda sudah selesai memodifikasi file theme Wordpress anda, maka anda klik saja tombol "Update File" yang ada dibagian bawah untuk menyelesaikan file tersebut.

Penutup

Baik, selesai sudah bahasan mengenai Dasar Wordpress - Menu Appearance - Part 2 ini yang merupakan lanjutan Part 1. Saya harapkan anda membaca tutorial ini berulang kali agar paham, karena bisa saja apa yang saya tuliskan disini sangat sulit dimengerti karena banyak kata-kata Teknis disini.